Sidang Tilang

Pengadilan Negeri Surabaya (radaronline.co.id)

Pengadilan Negeri Surabaya (radaronline.co.id)

Kejadian ini berawal dari ditilangnya saya oleh seorang polisi lalu lintas di sebuah jalan protokol. Masalahnya cukup sepele, tidak menyalakan lampu motor di siang hari. Saya pikir menyalakan lampu sepeda motor tidak wajib dilakukan pada siang hari. Ternyata terdapat pasal dalam undang-undang yang menyebutkan kendaraan roda dua wajib menyalakan lampu pada siang hari.

Polisi itu lalu mengeluarkan surat tilang dan menahan SIM saya. Beberapa kali ditilang, biasanya saya ‘titip bayar sidang’. Karena bosan ‘titip bayar’ terus, saya berkeinginan mengikuti sidang suatu saat. Pak polisi pun memberitahu sidang dilakukan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya

Surat Tilang

Surat Tilang

Awalnya saya tidak tahu di mana letak PN Surabaya sebelum akhirnya seorang teman memberitahu. Sidang tilang biasanya dilakukan pada Jum’at pagi. Di luar area PN sudah banyak calo berkeliaran menawarkan bantuan. Untuk mengetahui di ruang mana akan bersidang, sebaiknya bertanya pada petugas pengadilan. Waktu itu saya di ruangan Cakra.

Setelah masuk ruangan, yang harus dilakukan adalah menaruh surat tilang pada tumpukan di meja. Lalu menunggu sampai hakim datang. Makin lama ruangan semakin penuh. Tak mengherankan, sebab seluruh warga kota yang kena tilang bersidang di sini. Pukul setengah sembilan sidang baru dimulai

Ruangan Sidang

Ruangan Sidang

Prosesnya adalah hakim membacakan satu nama, lalu yang dipanggil maju. Setelah itu, hakim membacakan berapa denda yang harus dibayar. Lalu yang bersangkutan langsung keluar melalui pintu belakang. Proses ini berlangsung cukup cepat. Pembayaran dilakukan di tempat terpisah. Denda yang harus saya bayar 31 ribu. Setelah denda dibayar, SIM atau STNK yang ditahan akan dikembalikan.

Proses yang sebenarnya cukup mudah dan cepat. Namun karena sidang dilakukan pada hari kerja membuat banyak orang menghindari sidang. Seorang bapak yang duduk di sebelah saya datang untuk mewakili anaknya. Tampaknya sidang tilang ini dapat diwakilkan. Untuk mengurangi tindakan tidak jujur atau korupsi, jika terkena tilang di jalan sebaiknya memilih untuk mengikuti sidang, itu pun jika mempunyai waktu kosong pada tanggal yang dijadwalkan.

P.S. Tiga minggu kemudian saya kembali mengikuti sidang tilang karena melanggar rambu.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s