Vamos Jogar!

world-cup-logo-2014

Di tengah protes sebagian masyarakat Brasil, Piala Dunia 2014 telah dibuka di Sao Paulo. Pesta sepakbola terbesar di dunia yang sangat dinanti milyaran umat manusia. Penyelenggaraan ke-20 ini kembali ke daratan Amerika setelah 20 tahun berselang. Bagi Brasil ini adalah penyelenggaraan kedua setelah tahun 1950. Bosnia & Herzegovina menjadi satu-satunya negara debutan. Tuan rumah mencoba merebut gelar keenam. Sedangkan tim-tim Eropa berusaha mematahkan kutukan tidak pernah juara di tanah Amerika. Vamos jogar! (Ayo main!)

 

Kandidat Juara

Brasil

Ini adalah kesempatan terbaik bagi Brasil untuk merebut gelar keenam. Alasannya adalah kekuatan Brasil merata dari belakang sampai depan, faktor tuan rumah, dan menjadi juara Piala Konfederasi. Akan menjadi hasil akhir yang sangat manis bila berhasil menjadi juara di depan pendukung sendiri.

Argentina

Argentina lolos ke Piala Dunia dengan predikat pemimpin klasemen kualifikasi zona Conmebol. Serangan Argentina akan sangat mematikan karena diisi pemain seperti Messi, Aguero, Higuain dan Di Maria. Bila Messi dapat bermain sebagus di Barcelona peluang Argentina juara semakin besar.

Spanyol

Spanyol mempunyai tugas berat untuk mempertahankan gelar juara. Tak ada negara Eropa sebelumnya yang berhasil juara di benua Amerika. Dengan komposisi yang tak banyak berubah, Spanyol tetap menjadi favorit turnamen. Bila berhasil memperbaiki kelemahan di Piala Konfederasi yang lalu, Spanyol sangat berpeluang juara kali kedua.

 

Tim Kuda Hitam

Belgia

Belgia beruntung memiliki generasi emas pada angkatan Eden Hazard dkk. Banyaknya pemain bertalenta di tiap lini membuat Belgia dapat melangkah jauh di Brasil.

Cile

Cile tergabung di grup neraka yang juga dihuni Spanyol dan Belanda. Harapan utama Cile berada di pundak Arturo Vidal dan Alexis Sanchez. Bila mampu tampil konsisten, Cile dapat lolos ke babak 16 besar.

Kolombia

Cederanya Falcao akan mengurangi ketajaman Kolombia. Tapi Kolombia masih punya banyak pemain bertalenta lainnya. Tergabung di grup yang tergolong tak berat, peluang Kolombia menjadi juara grup cukup besar.

Selain ketiga negara tersebut, potensi kejutan juga dihadirkan oleh Swiss dan Bosnia & Herzegovina. Jika cukup beruntung, diantara mereka ada yang lolos ke perempatfinal.

 

Underperform

Belanda

Setelah babak belur di Euro 2012, Belanda mencoba bangkit di Piala Dunia. Sayang mereka datang ke Brasil dengan skuad minim pengalaman. Belanda juga tergabung di grup neraka bersama Spanyol dan Cile. Ditambah hasil ujicoba yang kurang memuaskan, langkah Belanda di Brasil tak akan berlangsung lama.

 

Penyisihan Grup

Di grup B, Cile akan menyisihkan Belanda untuk menemani Spanyol. Grup C, Pantai Gading akan menjadi satu-satunya tim Afrika yang lolos ke 16 besar. Grup D paling sulit diprediksi. Cederanya Luis Suarez cukup menyulitkan perjuangan Uruguay, namun saya kira mereka akan tetap lolos. Jika sebelumnya saya menjagokan Italia lolos, kini pilihan berubah ke Inggris.

Di grup F, Bosnia menyingkirkan Nigeria dan menjadi wakil Argentina. Grup G, Ghana tidak akan mengejutkan seperti Piala Dunia terakhir dan gagal lolos. Prediksi saya, tidak ada negara Asia yang lolos penyisihan grup.

Grup A: Brasil & Kroasia

Grup B: Spanyol & Cile

Grup C: Kolombia & Pantai Gading

Grup D: Uruguay & Inggris

Grup E: Prancis & Swiss

Grup F: Argentina & Bosnia & Herzegovina

Grup G: Jerman & Portugal

Grup H: Belgia & Rusia

 

Perempatfinal

Jika terjadi, empat partai babak perempatfinal ini akan memberikan pertandingan yang sangat seru. Kolombia akan menyulitkan Brasil. Sangat mungkin akan ada tim besar yang tersingkir di babak ini.

Brasil v Kolombia

Spanyol v Uruguay

Prancis v Jerman

Argentina v Portugal

 

Semifinal

Empat tim terfavorit akan bertemu di semifinal. Banyaknya pemain Jerman yang cedera sebelum turnamen membuat permainan mereka tidak sesolid biasanya. Spanyol menghadapi Argentina akan menjadi partai yang sangat menarik.

Brasil v Jerman

Spanyol v Argentina

 

Final

Brasil v Argentina

Jika boleh memilih inilah final ideal Piala Dunia 2014. Dua negara Amerika Selatan paling berjaya di Piala Dunia. Brasil harus berhati-hati jika tidak ingin mengulang tragedi di Piala Dunia 1950 (kalah di final di kandang sendiri). Sementara, kelemahan paling kentara dari Argentina adalah lini pertahanan yang tidak sebagus lini penyerangan mereka. Jika pertahanan Argentina solid, mereka akan meraih gelar yang ditunggu selama 28 tahun. Jika tidak, Brasil akan berpesta di kandang sendiri.

Winner: Brasil

 

Top Scorer

Neymar adalah tumpuan utama serangan Brasil. Absennya Falcao dan cederanya Luis Suarez membuat peluang Neymar makin besar. Pesaing terberat mungkin Lionel Messi.

 

Best Player

Jika Brasil lolos ke final, apalagi menjadi juara, bisa jadi Neymar akan meraih predikat Best Player. Begitu juga dengan Messi. Yang lebih konsisten sepanjang turnamen berlangsung akan meraih gelar ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s