“Hari Ini Pasti Menang”, Ketika Indonesia Menembus Piala Dunia

Harapan rakyat Indonesia untuk melihat tim sepakbolanya bermain di Piala Dunia 2014 memang tak terwujud. Hasil tanpa poin dalam enam pertandingan kualifikasi grup zona Asia menempatkan Indonesia dalam posisi juru kunci. Terlepas dari kontroversi pertandingan terakhir melawan Bahrain, posisi tersebut menegaskan level sepakbola kita masih di bawah negara-negara Asia lainnya, terutama tim-tim dari Asia Barat dan Timur.

Andi Bachtiar Yusuf mewujudkan secercah harapan masyarakat Indonesia tersebut walau hanya dalam media film. Lewat karyanya Hari Ini Pasti Menang, Ucup, panggilan sang sutradara, memvisualisasikan perjuangan tim Merah Putih pada Piala Dunia 2014 di Brasil. Pisahkan dulu realita dan harapan jika ingin menikmati film ini. “Hollywood mampu memenangkan semua perang yang tak pernah dimenangkan Amerika di film, mereka bahkan bisa membuat monster-monster alien takluk pada kekuatan angkatan bersenjata Amerika Serikat… dan itu hanya (terjadi) di film!” ujar Ucup. Latar belakang film Hari Ini Pasti Menang sendiri terangkum dalam novel Menerjang Batas yang ditulis oleh jurnalis Estu Ernesto.

Sinopsis: Gabriel Omar Baskoro adalah pemain muda yang bermain di klub Jakarta Metropolitan. Gabriel Omar membawa Indonesia lolos pertama kali ke Piala Dunia 2014 di Brasil. Di ajang ini tim Indonesia mampu lolos dari penyisihan grup sampai akhirnya bertemu dengan tim tuan rumah.

Sepakbola Indonesia pada tahun 2014 telah berkembang sedemikian pesat. Industri sepakbola Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di Asia. Liga profesional telah dimulai sejak tahun 1979. Pembinaan pemain usia dini telah menjadi prioritas PSSI. Imbasnya adalah prestasi tim nasional di kancah internasional. Meraih gelar juara pada Sea Games 1987 dan 1991. Piala AFF telah sering kita raih. Dan Piala Asia 2004 adalah gelar pertama kita di level Asia. Puncaknya Indonesia lolos pertama kali ke Piala Dunia.

Banyak pemain Indonesia berpetualang di Benua Biru. Rochy Poetiray bermain di klub Prancis, Auxerre. Bambang Pamungkas bermain di Fiorentina sebelum pindah ke Borussia Dortmund. Ahmad Bustomi merumput di Schalke 04, Christian Gonzales menjadi striker klub Spanyol Real Mallorca hingga Ruud Gullit menjadi pelatih tim nasional.

Hari Ini Pasti Menang yang direncanakan tayang pada Desember 2012 akan membuat kita kembali berharap tim nasional mampu berlaga di pentas dunia serta dapat menginspirasi para pemain dan pengurus PSSI untuk berusaha lebih keras lagi. Saya teringat kutipan mantan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy, “We choose to go to the moon in this decade and do the other things, not because they are easy, but because they are hard”. Ucapan tersebut diucapkan Presiden Kennedy pada tahun 1961 dan terwujud delapan tahun kemudian.

Mungkin kita semua perlu melihat visualisasinya terlebih dulu dan mengubah mindset sehingga harapan kita dapat terwujud di masa depan. Semoga.

One thought on ““Hari Ini Pasti Menang”, Ketika Indonesia Menembus Piala Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s