Le Grand Voyage

Le Grand Voyage merupakan film berbahasa Perancis yang dirilis pada tahun 2004. Film ini meraih gelar film terbaik pada Venice Film Festival. Film yang disutradarai Ismael Ferroukhi ini juga sempat ditayangkan beberapa kali di salah satu stasiun televisi swasta.

Film ini berkisah mengenai seorang ayah dan anak dalam perjalanannya menuju Makkah. Sang ayah, yang diperankan secara apik oleh Mohammed Majd, hendak melakukan ibadah haji dengan melakukan perjalanan darat menuju Tanah Suci dengan mobil yang disopiri oleh anaknya, Reda (Nicolas Cazale). Perjalanan yang akan mengubah hidup mereka berdua dipenuhi dengan pergolakan emosi akibat hubungan yang kurang baik antara Reda dengan ayahnya. Sang ayah merupakan seorang imigran Maroko dan seorang muslim yang taat sedangkan Reda adalah remaja Prancis yang baru beranjak dewasa. Perbedaan karakter dua generasi tersebut menimbulkan pergolakan hubungan ayah anak sepanjang film berjalan.

Menonton film ini kita akan disuguhi banyak hikmah dan pelajaran yang dapat diambil. Salah satu contoh ketika di tengah perjalanan Reda bertanya kepada sang ayah, “Mengapa Ayah tidak naik pesawat ke Mekkah? Hal itu akan jauh lebih mudah.” Sang ayah tidak menjawab secara langsung pertanyaan tersebut, tetapi dia menjawab, ”Air laut baru akan kehilangan rasa pahitnya setelah ia menguap ke langit. Begitulah air laut menemui kemurniannya. Ia harus mengangkasa melewati awan. Inilah mengapa lebih baik naik haji berjalan kaki daripada naik kuda, lebih baik naik kuda daripada naik mobil, lebih baik naik mobil daripada naik kapal, dan lebih baik naik kapal daripada naik pesawat terbang.” Intinya bahwa semakin sulit perjalanan menuju Mekkah maka akan semakin memurnikan jiwa seperti perjalanan air laut.

Sebagai sebuah film perjalanan, Le Grand Voyage mengambil setting di berbagai negara Eropa dan Asia. Pada filmnya sendiri dikisahkan Reda dan sang ayah melintasi jarak 3.000 mil melintasi negara Perancis, Italia, Slovenia, Kroasia, Serbia, Bulgaria, Turki, Syria, Yordania, dan Arab Saudi. Seperti apa akhir perjalanan mereka? Akankah hubungan Reda dengan sang ayah dapat membaik? Nah, kalau penasaran, silakan mencari dan  menonton film ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s