Visit Our Beautiful Indonesia

Kita harus bersyukur terlahir di Indonesia.  Indonesia dikaruniai keindahan alam yang sungguh memukau. Zamrud khatulistiwa adalah julukan yang tak berlebihan bagi Bumi tercinta kita ini. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote wisata alam Indonesia tak terhitung jumlahnya. Jumlah pulau di Indonesia saja mencapai 17.508 pulau dan Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.

Keindahan alam di negeri kita tak kalah indah dengan yang di luar negeri. Bukannya melarang berwisata keluar negeri juga tapi akan lebih baik kalo menikmati keindahan alam di negeri sendiri dahulu. Daripada membelanjakan uang ke orang luar, kan lebih baik dibelanjakan ke orang negeri sendiri. He he.. Hitung-hitung mempopulerkan wisata dalam negeri. Oiya udah mendukung Pulau Komodo sebagai New 7 Wonders? Kalo belum, berikan vote Anda di www.new7wonders.com

Dibandingkan dengan negara-negara  tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia masih kalah banyak. Tahun 2009, wisman yang berkunjung ke Indonesia mencapai 6,45 juta orang. Sedangkan Malaysia mencapai 23,6 juta wisman. Wow, bedanya jauh banget kan? Menurut saya kekurangan kita terletak pada promosi yang kurang gencar serta manajemen pariwisata yang tidak terlalu bagus padahal keindahan alam Indonesia lebih indah dan lebih banyak. Kedatangan wisatawan asing akan menimbulkan efek domino yang positif bagi negara yang dikunjungi. Selain akan mendatangkan devisa bagi negara dan memberdayakan penduduk sekitar, wisman akan membawa citra positif tentang Indonesia.

Berikut  beberapa keindahan alam yang ada di Indonesia:

1.       Bali

Tak dapat dipungkiri, Bali adalah destinasi wisata Indonesia yang terpopuler bagi wisatawan mancanegara. Kuta, Ubud, Tanah Lot, Jimbaran, dan Sanur  adalah  objek-objek wisata di Pulau Dewata.

2.        Pulau Lombok Pulau Lombok menawarkan banyak objek wisata. The Three Gilis; tiga pulau di dekat Pulau Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air menjadi tujuan wisatawan baik asing maupun domestik. Selain itu, di Pulau Lombok sendiri terdapat pantai Senggigi dan Gunung Rinjani, danau Segara Anak juga terletak di gunung ini sehingga gunung Rinjani menjadi favorit bagi para pendaki gunung karena keindahan alamnya.

3.        Pulau Komodo

Pulau ini termasuk dalam World Nature Heritage Site oleh UNESCO. Selain itu juga termasuk dalam nominasi 28 besar New 7 Wonders. Kalo ga salah, pulau ini merupakan satu-satunya habitat bagi naga raksasa alias komodo di dunia ini. Nah, tertarik kan datang ke Komodo Island?

4.       Bunaken

Objek wisata satu ini berada di Sulawesi Utara. Keindahan alam bawah laut Bunaken sangat indah dan tiada duanya. Bagi pecinta objek bawah laut, wajib untuk diving di Bunaken.

5.       Danau Toba

Bagi Anda yang sempat berkunjung ke Sumatera Utara, sempatkan untuk berkunjung ke Danau Toba. Danau ini merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dengan luas 1700 meter persegi dan kedalaman 450 meter.

FYI, Danau Toba terbentuk akibat letusan super volcano yang terjadi 73 ribu -75 ribu tahun lalu. Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan kepunahan beberapa spesies pada waktu itu.

6.       Raja Ampat

Raja Ampat merupakan ekosistem yang kaya akan spesies bawah laut dan terletak di Papua Barat. Raja Ampat disebut-sebut sebagai salah satu wisata bahari terbaik di dunia. Wilayah yang kaya akan terumbu karang ini sangat cocok untuk diving dan snorkeling. Melihat gambar dari objek wisata ini seperti melihat film Avatar. He he…

7.      Wakatobi

Wakatobi merupakan akronim dari nama empat pulau yaitu, Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Wakatobi terletak di provinsi Sulawesi Tenggara. Taman Nasional Wakatobi mempunyai luas total 1,39 juta ha.

Wakatobi berada pada wilayah Segitiga Karang Dunia, sehingga Wakatobi memiliki 750 dari 850 spesies koral yang ada di seluruh dunia yang terbagi dalam 25 gugusan karang, bandingkan dengan Laut Karibia yang hanya mempunyai 30 spesies. Selain kekayaan terumbu karang, Wakatobi juga mempunyai banyak spesies flora dan fauna sehingga tak berlebihan jika Wakatobi dijuluki sebagai surga bawah laut.

8.       Gunung Bromo

Salah satu gunung berapi di Indonesia yang mempunyai pemandangan yang sangat indah. Terletak di Jawa Timur, gunung ini mempunyai ketinggian 2392 meter dan berdekatan dengan Gunung Semeru, gunung tertinggi di pulau Jawa. Menikmati sunrise di Bromo akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Itu hanya beberapa dari sekian banyak objek wisata alam di Indonesia dan belum termasuk objek wisata budaya dan sejarah seperti Candi Borobudur dan banyak lainnya. So, masih berpikir untuk mencari keindahan alam di luar Indonesia? Indonesia memang Dangerously Beautiful.

Blog Ping

One thought on “Visit Our Beautiful Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s